Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
Ciliwulung Batu

Informasi sekitar Peternakan, bibit (DOC) Ayam Kampung, wilayah Serang - Banten

Vaksinasi Untuk Ayam Kampung, Hias Dan Bangkok

Posted on August 16 2015 by Bandi Banten Farm

Vaksinasi Ayam, HARUS..
Vaksinasi Ayam, HARUS..

Pernah mempunyai pengalaman ayam habis satu kandang karena virus?

Belum, berharap jangan......

Baik ayam Bangkok, ayam kampung dan yang lainnya, semua wajib di vaksin.
Vaksinasi menurut saya adalah antisipas terhadap serangan virus tertentu, dengan cara memberi kelebalan terhadap virus tertentu, antisipasi virus ya dengan memberi virus!!
Secara umum vaksin dibagi menjadi dua, yaitu vaksin live / hidup di lakukan dgn cara tetes mata dan minum dan vaksin kill / mati di lakukan dengan suntik / injeksi, vaksin tersebut antara lain vaksin AI, gumboro, ND, cacar, IB,dan mareks. Ada juga beberapa vaksin untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti vaksin kolera dan coryza


Berikut ini jadwal, cara dan jenis vaksin :
1. UMUR : 3 / 4 HARI : VAKSIN : ND / IB ~ TETES MATA
2. UMUR : 11 HARI : VAKSIN : GUMBORO ke1~ MINUM 2 DOSIS
3. UMUR : 18 HARI : VAKSIN : ND / IB ~ MINUM 2 DOSIS
4. UMUR : 24 HARI : VAKSIN : GUMBORO KE2 ~ MINUM 2 DOSIS
5. UMUR : 35 HARI : VAKSIN : AI H5 - N9 ~ SUNTIK 1 DOSIS
6. UMUR : 39 HARI : VAKSIN : ND / IB ~ MINUM 2 DOSIS

Saat membeli vaksin musal ND/IB usahakan membawa dengan kondisi tetap baik, biasanya penjual menyertakan satu kantong es untuk membawa serta saat vaksin di bawa pulang, jika tidak anda wajib meminta. Suhu ideal untuk vaksin saat di bawa adalah 2-4 derajat, bisa langsung di simian di kulkas atau pendingin, namun jangan di frizer.


Berikut beberapa faktor yang harus di perhatikan agar vaksinasi pada ayam berhasil:
1. Vaksin di simpan pada suhu yang baik, 2-4 derajat, tidak terpapar sinar matahari langsung, tidak terkena bahan kimia atau bahan yang sekiranya mampu menurunkan khasiat vaksin tersebut.
2. Ayam yang akan divaksin harus sehat dan tidak stres.
3. Kondisi sanitasi kandang dan lingkungan stabil
4. Sesuaikan vaksin dengan umur
5. Peralatan untuk vaksinasi dalam keadaan steril
6. Membaca Doa.. :)


Langkah selanjutnya, beli vitastres untuk di sediakan sesaat setelah Vaksinasi, tujuannya adalah agar kondisi segera stabil saat vaksinasi selesai Dan menghilangkan stres juga trauma, ada beberapa teknik atau cara yang umum dilakukan antara lain vaksinasi melalui air minum, tetes mata, tetes hidung atau mulut, spray, suntikan dam tusuk sayap.


Vaksinasi melalui tetes mata:
Vaksinasi melalui tetes mata (intraocular), hidung (intranasal), dan mulut teknik ini biasanya digunakan pada anak ayam <7 hari, dengan tujuan agar mencegah netralisasi vaksin oleh antibody maternal (bawaan dari induk). Cara ini cukup memakan waktu dan tenaga karena dilakukan per ekor ayam, tetapi kelebihannya sangat efektif karena dosis tepat dan merata untuk setiap ayam, tatacara aplikasi sangat lengkap terdapat di brosur vaksin.
Kelemahannya, cara ini cukup lambat dan merepotkan karena harus satu per satu kita tetes, kelebihannya, sangat akurat.
Vaksinasi Melalui Air Minum
Cara ini biasanya di gunakan dalam populasi yang sangat besar Dan menggunakan double dosis, fungsi agar Ayam yang minum sedikit mendapat dosin satu vaksin. Jadi misal ingin vaksinasi seratus ayam maka dosis dalah air minum adalah untuk 200 Ayam.

Teknis Dengan Cara Minum
1. Puasakan ayam 1-2 jam tanpa minum
2. Campur vaksin sesuai petunjuk dalam brosur Dan hindari penggunaan air yang mengandung kaporit, air sumur yang sudah di endapkan semalam sangat di anjurkan.
3. Perbanyak tempat minum, fungsi ya agar semua dapat vaksin secara merata sampai habis.

4. Setelah habis Botol bisa langsung di cuci Dan diisi dengan air bisa, jangan luma musnahkan sisa vaksin jika masih Ada dalam waktu 2jam pemberian, termasuk bekas botol vaksin dengan cara di pendam dalam tambah.


Vaksinasi dengan cara penyuntikan
Vaksinasi yang dilakukan dengan cara menyuntikkan vaksin, lokasi penyuntikan dapat di daerah di bawah kulit (subcutan) yaitu pada leher bagian belakang sebelah bawah dan pada otot (intramuscular) yaitu pada otot dada atau paha. Langkah-langkah pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
1. Alat suntik yang akan dipakai harus bersih dari sisa pemakaian sebelumnya, kemudian lepaskan bagian-bagian alat suntik dan sterilkan lebih dulu dengan cara direbus selama 30 menit dihitung mulai saat air mendidih
2. Kocok terlebih dahulu vaksin dengan hati-hati hingga tercampur rata (homogen) sebelum digunakan
3. Suntikkan vaksin pada ayam dengan hati-hati sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan. Untuk 1000 dosis vaksin dilarutkan dalam 500 cc aquades, untuk 500 dosis vaksin dilarutkan dalam 250 cc aquades dan demikian seterusnya. Setiap ekor ayam disuntik dengan dosis 0,5 cc pada otot dada

Vaksinasi Secara Suntik
Saya belum mempunyai pengalaman dalam hal suntik vaksin ##COPY
Vaksinasi dengan cara penyuntikan harus dilakukan sevara hati-hati. Bila dilakukan dengan ceroboh mengakibatkan kegagalan dan akan berakibat fatal. Akibat fatal yang mungkin terjadi antara lain ayam menjadi stress sehingga kematian tinggi pasca penyuntikan, leher terpuntir (tortikolis), terjadinya abses (kebengkakan) pada leher, terjadi infeksi bakteri secara campuran dan ayam menjadi mengantuk kurang bergairah.


SEKILAS MENGENAL VAKSIN ND CLONE

Dalam melaksanakan program vaksinasi ND peternak disediakan dalam 2 (dua) pilihan jenis vaksin yaitu vaksin ND aktip (virus ND dalam keadaan hidup) dan vaksin ND inaktip ( vaksin killed yaitu vaksin dengan virus dalam kondisi mati).
Penggunaan dan hasil kekebalan yang didapat dari kedua jenis vaksin ini berbeda. Kalau vaksin ND aktip hasil kekebalan diperoleh seketika pada saat vaksin diberikan pada ayam dan titer kekebalan yang dihasilkan tinggi. Pemberian vaksin ND aktip biasa dilakukan secara : tetes mata, tetes mulut atau melalui air minum. Namun vaksin ND aktip ini hasil kekebalan yang dihasilkan tidak bisa lama bertahan karena sifat kekebalan yang dihasilkan sebagai pertahanan pertama (penjaga) kekebalan, jadi apabila terjadi serangan virus ND pada ayam maka yang ‘melawan’ pertama adalah hasil kekebalan dari vaksin ND aktip. Dalam kondisi normal kekebalan dari vaksin ND aktip bisa bertahan baik selama maksimal 2 (dua) bulan.
Sedang vaksin ND inaktip hasil kekebalan yang diperoleh baru sekitar 14 hari setelah diberikan. Pemberian vaksin ND inaktip selalu dengan cara disuntikan / injection : bawah kulit leher (waktu doc) dan suntik dada / paha pada umur remaja atau dewasa. Kekebalan yang didapatkan tidak terlalu tinggi tetapi bisa bertahan sampai 6 (enam) bulan karena sifat kekebalan yang diperoleh adalah sistem deposit yaitu hanya digunakan waktu darurat apabila kekebalan dari hasil vaksinasi ND aktip tidak cukup.
Jadi sifat dari hasil vaksinasi ND inaktip adalah pertahanan terakhir terhadap serangan virus ND. Kombinasi program vaksinasi ND aktip dan sekaligus vaksinasi ND inaktip akan menghasilkan kekebalan yang sempurna. Meski terjadi serangan yang hebat dari virus ND, apabila ayam sudah diprogram vaksinasi kombinasi ND aktip / inaktip maka ayam dipastikan selamat dan tidak mengalami kematian berarti (sedikit).
Dalam pemberian vaksin ND aktip via minum peternak disediakan 2 (dua) pilihan yaitu vaksin ND Lasota aktip dan vaksin ND Lasota Clone. Jenis vaksin ND Lasota Clone ini sebetulnya sama dengan vaksin ND Lasota aktip tetapi punya kelebihan yaitu sifat vaksin aktip yang schoking (mendobrak / mengguncang) sudah dilemahkan / dihilangkan sehingga efek vaksinasi yaitu stress sudah tidak ada. Vaksinasi menggunakan ND Clone dianjurkan untuk jadwal vaksinasi ulangan dan digunakan apabila kondisi ternak ayam kita kurang sehat. Dalam kondisi ayam kurang sehat apabila divaksin ulang ND aktip akan timbul stress yang menyebabkan beberapa kematian post habis vaksinasi. ND Clone adalah solusi pilihan vaksinasi ulang baik ayam dalam kondisi sehat atau kurang sehat. ##end COPY

Menurut saya, program Vaksinasi adalah suatu keharusan, ada pepatah mengatakan, SEDIA PAYUNG SEBELUM HUJAN, dengan demikian, saat kehujanan tidak basah kuyup, munkin kena tapi sebagian saja.

Semoga Bermanfaat
Salam

FB: https://www.facebook.com/bandi.farm
FB Group: Peternak Ayam Kamp

Taktakan - Serang - Banten

Prektek Vaksinasi Ayam Hias di Alun-alun Serang.

Prektek Vaksinasi Ayam Hias di Alun-alun Serang.

Kegiatan Mingguan Komunitas Ayam Hias Serang Banten

Kegiatan Mingguan Komunitas Ayam Hias Serang Banten

Comment on this post

Streaming Sabung Ayam Online 05/27/2019 03:47

Untuk kamu yang hobi sabung ayam ! Baca cara daftar akun s128 - Agar bisa Nonton sabung ayam Live ! di situs https://pemainayam.net/daftar-akun-s128-situs-streaming-sabung-ayam-online/

#s128net #s128live #s1288 #s128

Best Node.JS web application development 03/01/2019 10:13

Thanks for share such knowledge.

student projects in swift 01/17/2019 14:00

Great work guys...☺

Android mobile app development company 12/03/2018 14:48

Are you looking for a mobile app development company? We follow an agile app development process to develop mobile apps. Discuss your project requirement by directly call or whats app on this number:- +917696224488

Obat Sipilis 11/19/2015 18:04

good post gays thanks